Adaptasi dengan Metode Pembelajaran Daring

 

Sejak bulan Maret 2020, sekolah kami memberlakukan metode daring dalam proses belajar mengajar. Pada awalnya kata”daring” sangat asing di telinga kami, namun kami lama-lama bisa juga beradaptasi dengan metode baru ini.

Sekolah memutuskan untuk menggunakan platform zoom untuk mengganti metode tatap muka dengan anak-anak. Kami tidak serta merta memilih platform tersebut hanya karena jumlah penggunanya yang banyak, namun kami juga mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki oleh platform tersebut agar proses belajar mengajar bisa tetap efektif dan kondusif.

Pada awalnya, pihak sekolah memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada para guru mengenai metode pembelajaran daring dan apa yang harus dilakukan oleh guru ketika melakukan daring. Kami para guru juga dituntut untuk belajar serta menaklukkan aplikasi yang kami gunakan agar ketika proses pembelajaran berlangsung tidak terjadi kendali, dan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar.

Tanpa terasa, memasuki Bulan Oktober, sudah hampir 6 bulan kami mengajar dengan metode daring. Semoga kami para guru bisa terus berinovasi di dalam proses belajar mengajar agar di masa pandemi ini anak-anak bisa menyerap ilmu dengan baik seperti saat sebelum adanya pandemi.

Semoga pandemi segera berlalu, dan anak-anak bisa masuk sekolah seperti biasanya.